Skip to main content

4 level pemahaman

4 level pemahaman
Menurut ajaran Filosofi, dalam mempelajari sesuatu kita harus melalui 4 level proses pemahaman. 
kita mulai dari level 1 yang paling rendah sampai level 4 yang paling tinggi. 
ambil contoh topik tentang " Hoopono-pono". 
ya benar, kita bahas hoopono2 lah, masa grup hoopono2 jarang sekali bahas soal hoopono2 ? hehehe
kita akan belajar, dan menggunakan saya sebagai subyek dalam contoh di tiap level nya.
mari kita mulai..
level 1 = Opinion. 
ini merupakan level paling rendah. ketika pertama kali mendengar sesuatu yang baru, maka langkah awal yang kita lakukan adalah dengan menilai berdasarkan apa yang kita ketahui. ini merupakan awal dari ketertarikan kita pada suatu pelajaran. semua awal nya ya dari sini. 
Hoopono-pono ? oh dulu saya pernah dengar dari teman saya si A, pas lagi ngobrol di MCD dia ngobrol soal itu. ya cuma ngomong " im sorry please forgive me, thank you , i love you ". itu kan ? ya ya..saya pernah dengar itu. kaya nya sih ok juga, tapi ya masa iya sih ? kalo menurut saya sih ya ga mungkin semudah itu lah. 
pertanyaan : apa yang anda ketahui tentang hoopono2 ? jawaban saya di level ini..ya cuma ilmu yang gitu2 aja, sama lah kurang lebih dengan ilmu spiritual lain nya.
level 2 = Shared Opinion. 
Karena topik tentang "Hoopono-pono mulai menyita perhatian saya, maka saya pun berusaha mencari lagi banyak info. Mulai membaca buku2 dan lihat2 video. 
Shared Opinion itu arti nya copas pendapat orang lain. 
Biasa juga fokus pada text book, pada teori dan metode orang lain. pokok nya ikuti aja, telan mentah2 dulu.
di level ini tidak ada pertanyaan, tidak ada keraguan, karena saya ga paham apa2, sementara para ahli itu saya anggap lebih pandai dan tau dari saya. bagaimana saya bertanya kalau saya aja ga gitu tau ? 
Sehingga kalau di level ini saya di tanya, apa itu hoopono2, maka jawaban saya kurang lebih begini : 
hoopono2 ? ya ya..begini ya. menurut Dr Hew Len, hoopono2 itu ilmu yang luar biasa. bayangkan dia itu dokter RSJ, dia bisa bikin keadaan berubah hanya dengan cleansing. hebat kan ? kalau menurut Joe Vitale itu juga sama. dalam buku nya zero limit di jelaskan kalah hoopono2 adalah..bla bla bla. jangan lupa juga untuk melakukan ritual hoopono2 dengan benar. pertama anda harus gini. kedua, ketiga ke empat. ingat loh ga boleh salah urutan nya, Joe bilang kalau salah urutan nya nanti hasil nya kurang manjur. eh saya ikut loh seminar nya Joe pas di Maui , wah keren abis deh. hoopono2 memang joss. ga rugi deh belajar hoopono2.
level 3 = KNOWLEDGE. 
Ketika masuk level 3, informasi yang saya dapatkan udah cukup banyak. maka saya mulai melakukan penelitian saya sendiri tentang hoopono2. menggunakan data yang telah ada, maka saya pun mencari inti kebenaran dan titik temu dari semua ilmu yang telah saya pelajari di Level 2 tadi. 
Ini lebih mendalam, karena saya research sendiri. ahli 1 dengan ahli lain nya saya rangkum, saya tulis, saya cari apa makna sebenar nya. apa benar ilmu ini bisa di terapkan dalam kehidupan sehari2 ? atau cuma ilmu yang bagus buat seminar aja ? disini saya juga mulai meragukan, mempertanyakan, membandingkan dengan ilmu lain. apa benar kalau ritual yang diajarkan sama ahli A itu lebih efisien dari ahli B ?
Karena itu point utama nya di level ini adalah research. saya melakukan penelitian sendiri, mencari dan membandingkan data sebelum menyimpulkan sesuatu. 
jadi, apa itu hoopono2 ? maka begini jawaban saya di level ini : hoopono2 menurut saya adalah bla bla bla, kenapa begitu ? 
begini saya telah melakukan penelitian sendiri, mencari data dan sumber yang akurat, bahwa hoopono2 itu inti nya adalah bla bla bla. dr Hew Len dan Joe vitale dalam buku nya yang berjudul zero limit pernah bilang bahwa bla bla bla. ya itu sih benar, tetapi saya rasa itu kurang lengkap. karena setelah saya bandingkan dengan ajaran A, ternyata bla bla bla. 
jadi hoopono2 menurut saya adalah bla bla bla.
level 4 = WISDOM.
Ini adalah level tertinggi. kata kunci di level ini adalah pengalaman pribadi. experience. 
Dari semua penelitian yang udah saya lakukan, saya saat ini mengalami sendiri. bukan cuma kata orang tapi saya sendiri yang alami. 
ada pengalaman A, B, C yang berhubungan dengan hoopono-pono. pengalaman yang saya alami ini memperkuat pemahaman saya tentang Hoopono2 
Bicara soal pengalaman, pengalaman ini yang agak sulit di share, karena bisa saja saya sharing pengalaman saya dalam bentuk tulisan atau cerita, tetapi anda akan sulit mendapatkan energy dan vibrasi yang sama persis dengan apa yang saya alami saat saya mengalami itu. 
Pengalaman hanya bisa dirasakan kalau anda juga mengalami, bukan hanya dengan membaca, atau mendengar. 
Misal saya sharing pengalaman makan soto.
Soto ini uenak bener. enak poll. saya ceritakan betapa soto ini begitu nikmat. pertanyaan nya : apa dengan mendengar cerita saya, anda bisa merasakan kenikmatan yang saya rasakan ? Ga bisa kan ? supaya bisa tau enak nya soto bagaimana ? ya anda harus makan itu soto sendiri. tidak ada jalan lain
( semoga anda bisa dapat point nya. )
nah kalau saya udah mencapai level ini, lalu bagaimana jawaban saya ketika ditanya apa itu hoopono2 ? 
hmmm... 
saya belum tau jawabanya, karena saya belum sampai level ini. hehehe
Sekarang anda telah belajar 4 level pemahaman, ketahui aja dulu, tidak perlu harus buru2 mau ke level 4.
semua ada proses nya, nikmati aja. tidak ada orang yang sampai ke level 4 tanpa melewati proses di level 1. 
itu arti nya, level 1 itu bukan berarti tidak ada guna nya. 
level 1 itu adalah awal, adalah fondasi utama menuju ke level 4. semua level punya peranan penting sendiri2.
Proses level pemahaman ini berlaku untuk mempelajari semua hal, tidak cuma Hoopono2 loh.
Dengan mengetahui 4 level pemahaman, 
anda pun juga bisa menilai level pemahaman dari orang yang bertanya pada anda. atau juga menilai orang yang mengajarkan sesuatu pada anda. 
asyik banget kan ?
sebagai penutup , coba saya kasih pertanyaan iseng yang berkaitan dengan hoopono2. 
Sudah membaca buku " ZERO LIMIT " karya joe vitale kan ? ( kalau belum download ebook nya di kolom file di grup ini )
ada 2 tokoh di dalam buku itu. Dr Hew Len dan Joe Vitale. 
pertanyaan nya : apakah mereka berada pada level pemahaman yang sama tentang Hoopono2 ?
Hayoo gimana pendapat anda ? 😅😅
thank you and i love you.

Comments

Popular posts from this blog

problem solver ala hoopono-pono

problem solver ala hoopono-pono. teori nya ada 4 macam level spiritual. ini versi nya si Joe Vitale, yang saya sederhanakan versi saya sendiri. udah pernah saya tulis di tulisan saya yang dulu, tapi ngga apa, saya akan ulang lagi biar kita sama-sama belajar. sebenar nya kata " level " ini agak kurang tepat. seolah level 2 lebih tinggi dari level 1, begitu kan. jadi sebut saja ini adalah perjalanan spiritual, bukan level spiritual. kata perjalanan lebih enak di hati daripada level. nanti kesan nya pingin naik level, kesan nya level tinggi seperti lebih hebat daripada level rendah. no no. ini ego. supaya ktia bisa naik level malah justru harus melepas ego, bukan justru memuaskan ego. cara kita menyelesaikan atau menghadapi masalah berbeda tergantung kita lagi berada pada kesadaran / perjalanan yang mana. Ok mari kita bahas perjalanan spiritual 1. di sini kita masih awam soal spiritual. ketika kena masalah, maka otomatis langung cari

Cleansing Idea

Cleansing Idea Capek berteori ria soal cleansing,  bagaimana kalau kali ini kita langsung praktek aja. Cleansing ke siapa ?  bebas, mau ke diri sendiri boleh, ke orang lain boleh, pada kejadian apa aja juga boleh. kita boleh tentukan target cleansing, boleh juga tanpa tentukan target.  saya biasa nya suka yang tanpa target. biarkan aja pikiran mengalir keluar semua saat melakukan cleansing. Cara nya bagaimana ?  Cara nya mudah, dan bagi saya metode ini bisa "feel good" banget. 1. sediakan waktu kurang lebih 10 menit untuk meniatkan diri untuk masuk ke dalam diri. me time. 2. relax, tenangkan diri, fokus pada nafas. 3. dengarkan lagu ini dari HP anda.  https://youtu.be/kb_2OmwK19g bagi saya lagu ini adalah media yang paling efisien untuk menuju ke " diri " dengan cepat. 4. saat mendengarkan lagu itu, amati saja semua pikiran yang muncul. misal tiba2 muncul kejadian yang tidak anda suka. tiba2 muncul orang yang anda benci atau anda cintai.  tiba2